Situs yang berisi berita gadget terbaru, review gadget dan perbandingan gadget terbaru saat ini

Senin, 09 November 2015

Symantec: Pertumbuhan Malware di Android Berlipat Ganda

Symantec: Pertumbuhan Malware di Android Berlipat Ganda - Kali ini Tabloid Gadget akan mengulas artikel gadget terbaru berjudul Symantec: Pertumbuhan Malware di Android Berlipat Ganda yang dikutip dari Tabloid Pulsa. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai artikel Symantec: Pertumbuhan Malware di Android Berlipat Ganda, anda bisa menyimak artikel kami tentang Symantec: Pertumbuhan Malware di Android Berlipat Ganda dibawah ini.

Symantec: Pertumbuhan Malware di Android Berlipat Ganda

Popularitas Android rupanya telah mengundang para pelaku kejahatan cyber untuk beraksi mencari sasaran ke para penggunanya.

Berdasarkan hasil studi Symantec Adware and Malware Analysis dilaporkan bahwa malware di Android tumbuh secara eksponensial (berlipat ganda) dalam hal keluarga, varian dan sampel. Jumlah keluarga malware yang dikenal meningkat 69% dari 121 ancaman pada Juni 2012menajadi 204 ancaman pada Juni 2013.

Sementara itu, jumlah sampel malware yang dikenal meningkat hampir 4 kali lipat dari sekitar 32.000 sampel pada Juni 2012 menjadi 273.000 sampel pada Juni 2013.

Grafik Pertumbuhan Malware Android Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

“Berdasarkan kategori, malware paling berbahaya di toko-toko pihak ketiga adalah malware kategori Games/Arcade & Action, diikuti oleh Photography. Sedangkan di Google Play kategori Photography tidak lagi berbahaya.Tapi pengguna harus berhati-hati saat mengunduh aplikasi di kategori Multimedia karena kategori ini menjadi salah satu dari 3 kategori malware paling berbahaya selain Entertainment dan Social,” demikian tulis Symantec dalam hasil penelitiannya yang diedarkan ke media.

Tak hanya itu, Symantec Adware and Malware Analysis dalam laporannya juga mengungkap persentase aplikasi yang berisi ad library agresif (madware) di Google Play yang disebut naik setiap tahun. Sekitar setengah dari semua aplikasi didukung oleh ad libraries dan telah konsisten selama bertahun-tahun, dengan peningkatan ke 55% pada tahun ini. Namun, secara umum persentase madware tumbuh secara konstan. Tahun 2012, 15% dari aplikasi di Google Play masuk kategori Madware, sementara di 2013 hingga akhir Juni kami melihat ada 23.8% dari aplikasi berisi madware.

Madware sendiri merupakan ad library dengan perilaku yang paling agresif karena bisa membocorkan data pribadi seperti nomor telepon atau informasi akun pengguna; atau mengganggu pengguna dengan menampilkan iklan di bar notifikasi atau memainkan iklan dengan suara saat melakukan pengguna melakukan panggilan telepon.

“Keberadaan madware di toko aplikasi pihak ketiga berbeda dengan yang ada di Google Play. Menurut analisis Symantec, majoritas took pihak ketiga memiliki persentase madware yang lebih tinggi dibandingkan Google Play. Ketika membandingkan tingkat risiko keamanan di Google Play dengan toko pihak ketiga yang memiliki lebih dari 1.000 aplikasi gratis, Symantec menemukan 175 toko pihak ketiga seperti ini dan hanya 19 (11%) yang memenuhi standar Google Play (Google Play dianggap sebagai sumber terpercaya). Disimpulkan bahwa persentase risiko keamanan di toko-toko ini lebih rendah atau sama dengan Google Play,” pungkas Symantec

Sekian berita gadget terbaru dari kami mengenai Symantec: Pertumbuhan Malware di Android Berlipat Ganda. Harapan kami artikel seputar gadget yang berjudul Symantec: Pertumbuhan Malware di Android Berlipat Ganda ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa terus kunjungi Tabloid Gadget untuk mendapatkan berita seputar gadget setiap harinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Symantec: Pertumbuhan Malware di Android Berlipat Ganda